Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Fast Charging Qualcomm untuk Smartphone, isi daya 50% dalam 15 menit

sibyan.net - Qualcomm merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi, baru-baru ini resmi memperkanalkan produk terbarunya yaitu Quick Charge 3+ untuk pengisian cepat pada daya smartphone.

Quick Charge

Pada tahun 2007 silam Qualcomm telah merilis Quick Charge 4+, dan tahun ini bukannya merilis Quick Charge 5+ melainkan 3+. Kenapa bisa begitu? karena Qualcomm mengeluarkan produk untuk kelas Smartphone dengan harga terjangkau.

Tentunya dengan keluaran produk baru ini Qualcomm memberikan sesuatu yang lebih canggih lagi untuk kenyamanan dalam penggunaan ponsel dengan menggunakan teknologi Quick Charge 3+. Apa aja sih kelebihannya? Sibyantech telah merangkum beberapa kelebihan yang dimiliki Quick Charge 3+.

Mendukung USB type A to USB type C


Dengan didukungnya USB type A to B dan aksesoris sesuai standar Industri yang mendukung fleksibilitas tegangan hingga 20 mV dari quick charge 4 sehingga lebih terjangkau bagi Vendor, OEM (Original Equipment Manufacture) dan konsumen.

Pengisian daya dinilai lebih cepat dan suhu lebih dingin


Qualcomm juga mengklaim bahwa teknologi keluaran terbarunya ini dinilai lebih cepat dalam pengisian daya, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk pengisian dari 0-50%, lebih cepat 35% dan lebih dingin 9 derajat dari generasi sebelumnya. 

Fleksibel


Quick charge 3+ kompetibel dengan perangkat generasi sebelumnya yang medukung quick charge. Sementara untuk perangkat baru dapat menggunakan aksesoris quick charge 3+ . Sehingga menjadikan teknologi ini lebih fleksibel.

Dengan menggunakan perangkat lunak yang sama, arsitektur yang memungkinkan OEM menaikkan daya yang dibutuhkan dan mengenali sistem pada PCB (Printed Circuit Board) dan IC (Integrated Circuit).

Tidak memerlukan perangkat tambahan


Komponen perlindungan eksternal seperti OVP (Over Voltage Protection), dan sense resistor tidak diperlukan pada perangkat quick charge 3+. Serta sudah mendukung dual input nirkabel dan kabel SMB1396. Dan kabel yang terintegerasi dengan sistem kemanannya sudah mendukung Power Management Integrated Circuit (PMIC).


Saat ini teknologi Quick Charge baru dapat digunakan oleh Smartphone yang menggunkana Chipset Qualcomm Snapdragon 765 dan 765G. Kabarnya akan diikuti dengan seri-seri terbaru yang akan dirilis tahun ini. 

Uniknya Smartphone keluaran tahun ini yaitu Xiaomi Mi 10 Lite Zoom sudah menggunakan Snapdragon 765G, Smartphone pertama yang didukung Quick Charge 4+. Artinya, ini adalah Smartphone pertama yang mendukung Quick Charge 3+ dan Quick Charge 4+ sekaligus.

Dunia teknologi semakin hari memang selalu menghadirkan sesuatu yang baru, yang lebih canggih dari sebelumnya. Mari kita tunggu kejutan apalagi yang akan diberikan oleh Qualcomm dimasa mendatang. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Teknologi Fast Charging Qualcomm untuk Smartphone, isi daya 50% dalam 15 menit"