Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Merawat dan Menjaga Performa Smartphone dengan Benar

Smartphone sudah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap orang, karena melihat dari fungsinya yang tidak hanya untuk melakukan telepon dan berbagi pesan saja. Melainkan hampir semua aktivitas dapat dilakukan hanya dengan smartphone.

Mengingat barang elektronik ini tidak setiap orang bisa membuatnya. Oleh karena itu merawat smartphone menjadi faktor penting untuk menjaga performa dan kebersihannya sehingga smartphone yang kita miliki tetap awet dan tidak lemot dalam penggunaannya.

Merawat Smartphone untuk menjaga performa dan kebersihan terkadang dispelekan karena beranggapan smartphone sudah bersih sehingga tidak perlu dibersihkan lagi. Pemikiran ini justru salah, semakin tidak dibersihkan akan mengurangi performa dan membuat debu bertumpuk. 
cara merawat smartphone

10 Cara Merawat dan Menjaga Performa Smartphone dengan Benar

Ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat kinerja dari smartphone kita tetap bagus agar dapat bertahan lama, dan tidak mudah rusak. Kita dapat melakukan cara ini secara rutin dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

1. Bersihkan Smartphone Secara Rutin

Peralatan elektronik termasuk smartphone rentan dengan debu, jika tidak dibersihkan dengan rutin debu akan menumpuk dan membuat fungsi dari smartphone tersebut menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu membersihkan debu wajib dilakukan oleh pemilik smartphone.

Bagian yang harus dibersihkan dari debu antara lain lubang USB, lubang earphone, lubang speaker dan sela-sela dibagian samping smartphone. Membersihkan debu dapat dilakukan dengan menggunakan kuas dengan bulu yang lembut atau ditiup secara perlahan.

Layar smartphone juga paling rentan dengan kotoran karena sering disentuh. Sehingga banyak yang menempel salah satunya minyak. Kita dapat membersihkan kotoran dibagian ini menggunakan kain bersih dan sedikit basah tetapi jangan terlalu basah. Usap secara perlahan pada bagian layar sampai bersih. Lanjutkan ke bagian belakang juga untuk membersihkannya.

2. Gunakan Tempered Glass

Goresan dan retak pada layar tidak dapat dihindarkan, entah dengan sengaja maupun tidak. Terkadang kita menyimpan ponsel disaku dan menyatu dengan koin ataupun kunci kendaraan yang akan membuat layar smartphone menjadi tergores atau tidak sengaja menjatuhkannya hingga retak dan memperbaikinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pemilik smartphone untuk melindungi layar dari goresan atau retakan dengan menggunakan tempered glass karena dapat meminimalisir kerusakkan yang akan terjadi. 

Banyak jenis tempered glass yang dapat digunakan dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal. Gunakan tempered glass yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman saat dipakai. 

3. Isi Daya Smartphone Secara Wajar

Mengisi daya juga tidak kalah penting bagi smartphone, karena tanpa diisi daya samrtphone yang kita miliki tidak akan berfungsi sama sekali. Banyak yang belum mengetahui cara mengisi daya dengan baik dan benar akibatnya banyak pengguna smartphone yang mengeluh tidak menyala karena karena baterainya rusak.

Kebiasaan buruk yang terjadi ketika pengguna smartphone mengisi daya sampai ditinggalkan tidur selama berjam-jam dan tidak sempat mencabutnya walaupun sudah terisi penuh. Hal ini sangatlah buruk karena akan mengurangi performa pada baterai yang akan berpengaruh pada waktu penggunaan smartphone.

Namun pada saat ini banyak fitur smartphone yang berfungsi untuk memutuskan aliran daya ketika daya sudah 100%. Tetapi walaupun ada fitur ini sebaiknya jangan mengisi daya sambil ditinggal tidur sampai berjam-jam untuk mencegah kerusakkan.

Dan jangan menunggu baterai sampai benar-benar habis untuk mengisinya, karena akan membuat baterai tidak tahan lama. Lakukanlah pengisian daya saat bar notifikasi baterai antara 30-40%. Sebaiknya juga, jangan gunakan smartphone pada saat pengisian. Tunggu dulu sampai penuh baru boleh dioperasikan.

4. Gunakan Softcase Smartphone

Pengguna smartphone juga rentan terjatuh yang akan membuat kerusakkan komponen bagian dalamnya jika benturan yang terjadi sangat keras. Softcase bisa menjadi solusi untuk membantu meredam benturan yang terjadi.

Selain menjaga dari benturan, softcase juga akan membuat smartphone menjadi terlihat lebih cantik dan variatif. Banyak sekali pilihan sofcase yang bisa dipilih sesuai dengan tipe smartphone dan sesuai dengan keinginan.

Kita bisa membeli softcase ini di tempat aksesoris HP, walaupun harus mengeluarkan sedikit budget tetapi ini lebih baik dari pada harus membeli ponsel baru untuk mengganti ponsel yang rusak akibat terjatuh.

5. Bersihkan Chace Secara Berkala

Chace merupakan tempat penyimpanan data yang bersifat sementara atau sering juga disebut dengan tembolok. Pada saat kita membuka aplikasi apapun, data-data yang didapat dari dalam aplikasi tersebut akan masuk ke tembolok kita dan semakin lama semakin besar ukurannya.

Hal ini akan perlahan membuat memori pada telepon kita penuh dan dampak yang terjadi membuat kinerja ponsel kita menjadi lambat. Setiap telepon mungkin memiliki operasi yang berbeda untuk menghapus chace ini. Tetapi pada umumnya chace ini terletak didalam pengaturan, kita dapat membuka pengaturan dan mulai mengapus chace secara berkala.

6. Instal Aplikasi yang Diperlukan Saja

Mempunyai banyak aplikasi memang menyenangkan, terlebih lagi jika aplikasinya menghibur dan membuat mood menjadi lebih baik. Namun jika smartphone yang kita miliki spesifikasinya tidak memadai sebaiknya jangan terlalu memaksakan untuk mempunyai banyak aplikasi.

Karena akan membuat performa smartphone menjadi menurun atau bisa disebut lemot. Jika tetap dipaksakan kemungkinan yang paling buruk akan terjadi pada ponsel kita mengalami bootloop. Hal ini dikarenakan memori yang tidak mencukupi untuk banyak aplikasi.

Oleh karena itu, gunakan aplikasi seperlunya jika memang tidak diperlukan hapus saja. Atau apabila memang memerlukan aplikasinya namun ponsel yang ada tidak mendukung, sebaiknya beralih ke ponsel yang lebih mendukung.

7. Hindarkan Dari Panas Matahari Langsung

Panas matahari secara langsung dan terlalu lama akan mengurangi kinerja pada smartphone kita. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan smartphone diruangan terbuka dengan sinar matahari langsung. Gunakanlah smartphone diruangan tertutup dengan suhu kurang lebih 20 derajat celcius. 

Karena panas matahari yang berlebih akan merusak komponen pada smartphone, seperti mengurangi performa baterai, membuat lem yang melekatkan antar komponen menjadi meleleh, membuat layar hangus sampai membuat rusak permanen.

8. Pasang Anti Virus

Bahaya virus malware sering mengancam ke smartphone kita, virus bisa datang dari mana saja. Dari koneksi USB ke perangkat lain, media sosial, dan internet ketika browsing. Virus membuat dampak buruk pada ponsel kita seperti mengirim pesan sendiri, mati sendiri dan lain-lain.

Anti virus merupakan fitur yang penting untuk melindungi smartphone kita dari ancaman virus yang berbahaya. Dengan adanya fitur ini akan mendeteksi datangnya virus ke ponsel kita sehingga akan menghapus secara otomatis jika dianggap berbahaya.

Anti virus bisa didapatkan di playstore atau appstore. Ada banyak pilihan anti virus yang dapat digunakan, pilih yang dianggap bagus dengan ulasan dan rating yang tinggi.

9. Perbaharui Aplikasi

Aplikasi yang digunakan biasanya mengalami pembaharuan dari vendornya guna memperbaiki bug error atau program yang dianggap sudah tidak layak. 

Dengan melakukan update aplikasi maka akan menjaga performa smartphone kita terjaga dari bug eror. Oleh karena itu, sekali-kali kita dapat memeriksa updatetan terbaru dari aplikasi yang sudah terinstal di smartphone kita.

10. Lakukan Backup Data Secara Berkala

Ketika smartphone kita sudah penuh dengan file dan gambar, maka yang perlu dilakukan adalah mencadangkan atau bisa juga memindahkan file dari smartphone ke komputer atau hardisk eksternal guna menjaga dari kehilangan file.

Mencadangkan file tidak hanya dilakukan ke komputer atau hardisk saja, melainkan kita dapat menyimpannya di internet seperti di google drive, mediafire, dropbox dan lain sebagainya. Ini dinilai lebih aman, karena selagi kita mengingat passwordnya data akan tersimpan selamanya di internet.

Jika sewaktu-waktu ponsel kita mengalami error kemudian datanya hilang begitu saja, kita sudah tahu kemana akan mengambil data-data penting yang kita miliki.

Kesimpulan

Merawat smatphone merupakan cara yang harus diketahui oleh pemiliknya, karena smartphone saat ini adalah barang yang penting untuk kehidupan. Untuk itu kita wajib menjaga smartphone kita agar tetap awet dan berfungsi dengan selayaknya, karena apabila rusak biaya perbaikan atau gantinya sangatlah tidak murah. Mencegah kerusakan smartphone lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Post a Comment for "10 Cara Merawat dan Menjaga Performa Smartphone dengan Benar"