Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Walaupun Masa Pandemi, Tetap Produktif dengan Memaksimalkan Penggunaan Teknologi Informasi

Suasana yang terjadi pada awal tahun 2020 tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang kebanyakan orang menyambut tahun baru dengan meriah, tetapi yang terjadi orang-orang justru merasa khawatir dengan kondisi kesehatannya. Bagaimana tidak, sejak Desember 2019 sebuah virus yang dinamakan dengan Corona mulai menampakkan eksistensinya dimuka dunia. 

Virus yang diduga berasal dari kota Wuhan Cina ini, menurut berita di Detik mulai masuk ke Indonesia sejak Januari lalu dan dua bulan kemudian Presiden Indonesia mengumumkan kasus Corona pertama yang terjadi di negeri ini. Dimana dua orang wanita yang dinyatakan positif virus yang sangat mengerikan ini, dan sejak saat itu laporan orang dengan positif corona mulai bertambah hingga sekarang walaupun beberapa diantaranya banyak yang sembuh juga.

Dampak yang dirasakan masyarakat karena covid-19 sudah banyak merugikan, diantaranya ada yang terpaksa harus di PHK oleh perusahaan, pengusaha yang harus rela dengan penurunan omsetnya, pesta pernikahan yang harus dibatalkan, sampai kegiatan ibadah yang harus dilakukan dirumah. Semua itu, demi menghindari kerumunan masyarakat yang dikhawatirkan tertular oleh virus corona ini.

Untuk mengendalikan situasi berbahaya ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk pembatasan sosial berskala besar dibeberapa wilayah, khususnya yang berada di zona merah. Masyarakat melakukan kegiatan sosial berskala besar ini salah satunya dengan memperbanyak kegiatan dirumah. Seperti bekerja dirumah, olahraga dirumah sampai belajar dirumah. Hal ini dilakukan untuk memutuskan rantai penyebaran virus.

Karena banyak kegiatan yang dilakukan dirumah, ini bukan alasan seseorang untuk menjadi malas dalam melakukan aktivitas yang produktif. Justru ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang mempunyai teknologi untuk memaksimalkan fungsi dari teknologi itu sendiri. Baik untuk bekerja, belajar, atau mengobrol bersama sanak keluarga.

Memaksimalkan Teknologi Informasi ditengah Pandemi

memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi
Jaman sekarang masyarakat pada umumnya sudah mempunyai teknologi yang didalamnya terdapat fitur-fitur canggih untuk digunakan dalam segala aktivitas seperti bertukar informasi dengan kerabat. Namun tidak hanya itu saja, tetapi kita dapat memaksimalkan fitur teknologi tersebut untuk keperluan pekerjaan, kegiatan belajar mengajar, bahakan berbagi kebaikan dalam bentuk materi hanya dengan satu genggaman tanpa harus bertemu secara langsung.

Lalu kegiatan apa saja yang dapat dilakukan dengan teknologi informasi? Apakah bisa menghasilkan uang? Apakah bisa menghasilkan ide-ide baru? Apakah bisa menciptakan sebuah karya?. Semua pertanyaan tersebut dan beberapa pertanyaan turunannya akan dibahas dalam artikel ini. Pastikan anda duduk dengan nyaman, atur pencahayaan pada gadget anda agar mata tidak lelah membaca tulisannya, dan sediakan juga cokelat panas sebagai pelengkap.

Lakukan Pertemuan dengan Teleconference 

memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi
Teleconference merupakan kegiatan pertemuan yang dilakukan oleh sekelompok orang melalui media masa secara realtime. Kegiatan ini biasanya menggunakan video call untuk saling bertukar informasi. Karena masa pandemi ini masyarakat dianjurkan untuk tetap berada dirumah dan menjaga jarak satu sama lain sehingga teleconference ini sangatlah penting dilakukan untuk tetap menjaga silaturahmi walaupun tidak bertemu secara langsung.

Selain itu, kegiatan teleconference ini bisa digunakan untuk keperluan rapat perusahaan, organisasi, kegiatan belajar mengajar, kajian keagamaan, diskusi mahasiswa dan lain-lain. Sehingga dengan memanfaatkan teknlogi seperi ini orang-orang bisa tetap mendapat ide, inovasi, dan pembelajaran baru yang bermanfaat untuk digunakan dalam kehidupannya.

Ada banyak sekali teknologi yang mendukung fitur teleconference ini, dan rata-rata orang-orang sudah mempunyainya. Dengan menggunakan ponsel pintar atau perangkat komputer dirumah saja sudah cukup untuk dapat melakukan pertemuan online ini. Mungkin perlu beberapa langkah lagi untuk menyempurnakannya, yaitu memasang fitur video call di komputer atau diponsel anda.

Banyak vendor yang menyediakan fitur ini dengan masing-masing keunggulannya, dan ada juga vendor yang mengupgrade fiturnya menjadi lebih canggih untuk keperluan teleconference ini. Aplikasi yang paling populer untuk teleconference antara lain Zoom, Google Hangout, Sype, Whatsapp, FB Messenger dan aplikasi lainnya yang tidak kalah canggih.

Dengan menggunakan fitur ini terdapat simbiosis mutualisme antara pengguna dan vendornya. Dimana pengguna tetap bisa melakukan aktivitas yang biasanya dikerjakan dengan melakukan pertemuan disuatu tempat, tetapi dengan adanya fitur ini pengguna diuntungkan karena bisa melakukan pertemuan hanya dirumah saja. Begitupun vendor dari fitur ini, dengan lebih banyak pengguna yang memakai tentu saja pendapatannya bisa berkali-kali lipat.

Bangun Toko di Marketplace dan Mulai Berjualan

memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi
Membangun toko online sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangya kita tidak perlu membuat etalase toko atau berjualan dengan berkeliling kompleks, susahnya ada banyak sekali teknik dalam membangun sebuah toko online yang tidak mudah untuk menjadikan toko online kita ramai pembeli. Namun dengan teknik sesulit apapun, apabila terus ditekuni pasti hasilnya akan maksimal.

Hanya dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet kita sudah bisa membuat sebuah toko di marketplace. Tinggal pikirkan produk apa yang kira-kira akan dijual dan laku diinternet. Berjualan produk diinternet ada dua metode, pertama berjualan langsung dengan menyetok barang dirumah dan yang kedua melakukan teknik dropship atau menjual produk orang.

Langkah yang harus dilakukan tentu saja dengan membuat akun di marketplace, baik itu ditokopedia, shoopie, bukalapak, lazada dan yang lainnya. Setelah membuat akun di marketplace apabila anda menyetok barang yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah foto produk yang akan dijual dan upload ke akun yang sudah anda buat. Jangan lupa, tambahkan judul serat deskripsi yang menarik dan tetapkan harga yang bersaing.

Untuk teknik dropshiper yaitu kita mengambil foto dari marketplace orang dan menempatkan di akun kita untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Teknisnya apabila ada pelanggan yang membeli produknya, kita tinggal memesan ke suplier dan langsung mengirim ke pelanggan dengan nama kita tanpa harus menyentuh barang. 

Untuk menjadi dropshiper kita harus pintar-pintar dalam memilih suplier yang terpercaya dan harus selalu update ketersediaan barang. Jangan sampai ketika pembeli memesan produk dan disupliernya sedang kosong, kita terpaksa harus membatalkan pemesanan dan akan berpengaruh pada kredibilitas toko kita di marketplace menjadi buruk.

Dalam meningkatkan penjualan produk dimarketplace disarankan menggunakan iklan yang berbayar dikarenakan ketika ada yang mencari produk dengan kata kunci yang digunakan pada produk yang anda jual secara otomatis iklan produk anda akan direkomendasikan oleh marketplace pada halaman pertama sehingga banyak yang melihat dan kemungkinan banyak yang membeli. 

Berbeda halnya jika hanya berjualan tanpa iklan berbayar, kita akan lama menempatkan produk kita dihalamanan pertama marketplace sehingga pelanggan tidak akan melihat produk kita. Tetapi hal ini bisa saja dilakukan dengan memaksimalkan kata kunci pada judul dan deskripsi serta hastag yang digunakan. Lakukan langkah awal, mulai berjualan, dan dapatkan pundi-pundi rupiah tanpa meninggalkan rumah.

Membeli kebutuhan ditoko Online Aja

memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi
Selain berjualan ditoko online, membeli kebutuhan disaat pandemi ini sebaiknya menggunakan toko online saja. Selain mengurangi penumpukkan masyarakat, hal ini dinilai lebih mudah dan efisien. Kebutuhan yang dibeli di toko online tentunya hanya kebutuhan tertentu saja, seperti baju, sepatu, atau alat elektronik. 

Untuk kebutuhan primer seperti beras, sayuran, dan bumbu dapur sebaiknya beli di warung atau grosir tetangga saja. Karena dengan membeli di tetangga, kita ikut membantu memajukan usaha masyarakat kecil disekitar anda. Tentunya tetap harus menjaga jarak dan memakai masker saat bepergian keluar rumah. 

Membeli kebutuhan ditoko online juga harus hati-hati, kita harus jeli dalam membaca deskripsi suatu produk. Jangan sampai ketika kita membeli produk misalnya baju saat sampai dirumah ternyata ukurannya tidak sesuai dengan badan kita. Oleh karena itu membaca deskripsi sangat penting, selain deskripsi baca juga testimoni pembeli lainnya untuk meyakinkan sebelum membeli produknya.

Maksimalkan Penggunaan Media Sosial dengan Baik 

memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi
Peranan media sosial juga sangat penting disaat pandemi ini. Kita bisa berbagi informasi dan pendapat tentang apa saja karena dengan media sosial semua orang bisa bercengkrama dalam bentuk tulisan ataupun video. Kita juga bisa membagikan berita dimedia sosial agar teman-teman kita dapat membacanya, tentunya berita yang dibagikan adalah berita yang bersumber dari media yang kredibel. 

Jangan sampai informasi yang dibagikan ternyata bukan yang sebenarnya alias hoax. Karena membagikan berita hoax jika dilaporkan akan kena hukum pidananya. Dengan menggunakan media sosial juga kita dapat mempromosikan produk atau jasa yang dapat dijadikan uang. Seperti menjual makanan ringan, menjual kerajinan tangan atau menjual jasa seperti jasa desain, jasa menulis artikel dan jasa lainnya. 

Melakakukan penawaran dimedia sosial sebenarnya lebih menguntungkan, karena peluang dilihat oleh teman-teman kita sangat cepat. Dalam sekali posting langsung akan tampil diberanda teman kita, kalau mereka tertarik pasti langsung membeli. Ada berbagai media sosial yang dapat digunakan seperti twitter, facaebook, instagram, whatsapp dan lain sebagainya.

Melakukan promosi berbayar dimedia sosial juga dapat dilakukan agar produk yang dijual dapat menjangkau lebih banyak orang lagi. Salah satunya adalah facebook ads, ini merupakan program iklan yang tawarkan oleh facebook dimana sang pengiklan membayar sejumlah uang ke facebook untuk dipromosikan produknya ke pengguna facebook lainnya.

Semakin besar bayaran yang dikeluarkan, maka produk yang diiklankan pun akan semakin banyak menjagkau orang dari seluruh indonesia atau negara lain jika menargetkan produknya untuk luar negeri.  

Dengan media sosial juga dapat membagikan data-data perusahaan yang harus diketahui oleh semua karyawannya, hal ini biasanya menggunakan grup whatsapp yang sifatnya privat atau tidak terbuka untuk publik. Karena masa pandemi ini beberapa karyawan yang melakukan pekerjaannya dirumah, tentu saaja ini sangat penting untuk sharing data perusahaan menggunakan media sosial.

Buat Tulisan di Blog

memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi
Punya banyak ide untuk dishare? Membuat tulisan di Blog akan merupakan sarana untuk berbagi ide dan pemikiran yang dikuasai untuk dibagikan kepada publik dalam bentuk tulisan sendiri. Menulis di blog itu sifatnya santai dan tidak perlu terlalu baku. Yang terpenting informatif, artinya orang yang membaca tulisan kita dapat mengerti ketika membacanya. Kita bisa menulis diblog tentang apa saja yang kita minati seperti tentang teknologi, kesehatan, gaya hidup dan lain sebagainya. 

Yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah blog itu usahakan satu niche atau tema saja. Dengan memilih satu niche blog kita akan cepat memiliki nilai bagus dimata google dan menurut para master blogspot dengan satu niche kita akan mudah diterima oleh google adsense untuk menghasilkan uang dari blog.

Memang jika niatnya untuk mencari uang dari blog kita membutuhkan banyak hal yang harus disiapkan. Selain ide-ide kreatif untuk dijadikan konten, teknik SEO pun juga perlu diperhatikan. Sebab, dengan menerapkan teknik SEO blog kita akan semakin cepat diindeks oleh Google serta kemungkinan besar akan tampil pada halaman pertama pencarian Google. 

Dengan begitu pengunjung blog akan semakin ramai berdatangan untuk membaca tulisan kita. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, bisa dengan berjualan produk sendiri di blog atau memasang google adsense. Sehingga blog kita akan menghasilkan uang. Salah satu teknik SEO yang disarankan oleh para master blog yaitu dengan menggunakan domain dan hosting sendiri agar blog kita dapat mudah diingat oleh publik.

Domain merupakan alamat yang ada diinternet, biasanya terdapat beberapa huruf pada akhirannya seperti .com .id dan lain sebagainya. Sedangkan hosting merupakan tempat penyimpanan data diinternet, karena tanpa hosting kita tidak mungkin menyimpan data berupa tulisan, gambar atau video yang akan diposting di blog. 

Untuk mendapat hosting sendiri, kita harus membelinya disitus yang menyediakan domain dan hosting. Ada beberbagai macam harga dari yang hosting murah sampai hosting mahal, begitupun dengan masing-masing keunggulannya. Kita dapat memilih hosting sesuai dengan kebutuhan, apabila menggunakan data kecil sampai sedang kita bisa memilih beberapa giga saja. Namun jika data yang digunakan sangat besar dan banyak kita bisa membeli hosting yang unlimited.

Memilih domain juga membutuhkan perhitungan karena domain umumnya dipakai untuk selamanya, maka kita harus menentukan terlebih dahulu nama domain dengan tepat untuk diterapkan pada blog nantinya. Kita tidak bisa menentukan nama domain sembarangan, karena boleh jadi domain yang ditarget sudah ada yang menggunakannya. Oleh karena itu, perlu cek domain dulu untuk memastikan domain yang ditarget memang tersedia.

Mengikuti Program Affiliasi

memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi
Program Affiliasi merupakan kegiatan mempromosikan barang orang, ketika ada yang membeli barang yang kita promosikan secara otomatis kita mendapat penghasilan beberapa persen sesuai kesepakatan diawal. Affiliasi mirip seperti dropshiper tapi ada beberapa perbedaan dalam segi teknisnya antara lain, jika dropshiper mengambil keuntungan semaunya maka affiliasi mengambil keuntungan sesuai kesepakatan diawal.

Mengikuti program affiliasi disaat pandemik ini sangat cocok, karena dengan mengikuti program ini kita tidak perlu cape stok barang, buat toko online, atau mebagikan buku katalog. Kita hanya perlu menggunakan ponsel, mulai promosi produk orang dan bagikan link yang mengarah ke toko orangnya. Apabila ada yang klik lewat link kita dan mulai membeli barang, kita akan dapat komisi dari pembeliannya.

Untuk mempromosikan produk orang lain yang perlu dilakukan adalah copywriting yang bagus. Karena dengan copywriting pembaca akan tertarik dengan tulisan kita dan langsung akan melakukan pembelian. Kita dapat menyajikan tulisan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh kalangan muda sampai dewasa dan mulai mebagikan tulisan beserta linknya dimedia sosial. 

Manfaat mengikuti program affiliasi selain mendapatkan uang, apabila kita mempunyai copywriting yang baik kita dilatih untuk merangkai sebuah kalimat dalam bentuk tulisan agar orang tertarik. Tidak perlu hanya mengikuti satu progam affiliasi saja kita juga bisa mengikuti banyak program affiliasi sehingga produk yang dipromosikan tidak hanya satu. 

Download Fitnes Online

memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi
Menjaga kesehatan selama dirumah merupakan hal yang paling penting, karena jika badan sakit semua kegiatan produktif yang disebutkan diatas cenderung akan tidak maksimal. Oleh karena itu menjaga kesehatan merupakan prioritas setiap orang. Dalam kondisi seperti ini kita tidak mungkin untuk pergi ke tempat Fitnes atau Gym karena banyak yang tutup. 

Solusinya kita dapat berolahraga diruangan atau halaman rumah kita saja dengan mengikuti panduan pada aplikasi yang bisa didapatkan diplaytore atau appstore. Banyak aplikasi olahraga yang bisa didapatkan dari sana serta fitur-fitur canggihnya yang dapat memberikan manfaat dan bisa dijadikan acuan dalam berolahraga dirumah. 

Tidak hanya panduan olahraga saja yang bisa didapatkan, melainkan tips-tips untuk menjaga kesehatan serta rekomendasi makanan sehat yang dapat dikonsumsi. Dengan memanfaatkan fitur ini kita bisa tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga dengan alat sedanya dirumah.

Kesimpulan 


Pandemik memaksa orang-orang untuk melakukan semua aktivitasnya dari rumah. Dengan adanya teknologi kegiatan yang sifatnya mulai dari agama, sosial, bisnis sampai kesehatan tetap masih bisa dijalankan walaupun berada dirumah. Tugas kita saat ini untuk tetap tinggal dirumah selama pandemik berlangsung dan menjaga kesehatan. Sekali-kali boleh keluar jika dalam keadaan darurat dan tetap gunakan protokol yang berlaku saat ini, dengan memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Artikel ini diikut sertakan dalam kompetisi menulis blog yang diadakan oleh Qwords.

Post a Comment for "Walaupun Masa Pandemi, Tetap Produktif dengan Memaksimalkan Penggunaan Teknologi Informasi"