Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Microblog, Cara Unik Membuat Konten di Instagram

Waktu sudah menunjukkan jam 11 malam, tetapi mataku belum mau menutupkan kelopaknya untuk pergi tidur. Mungkin penyebab tadi sore yang sempat tidur sebentar karena kecapean setelah aktivitas seharian.

Akhirnya untuk mengisi kegabutan gak bisa tidur, aku iseng buka-buka instagram. Cek story orang sama buka beberapa akun shitpost, ya karena menurutku mereka lucu dan unik dalam setiap postingannya.

Saat scroll dimenu explore dan gak sengaja terhenti disalah satu akun yang menulis tentang introvert dengan beberapa slide. Kesan pertama melihat desain yang menarik dan tulisannya yang membuat penasaran, hingga kubaca sampai slide terakhir. Ada beberapa gambar juga yang desainnya nyambung satu sama lain ketika dislide.

Kupikir ko bisa posting kaya ginian di instagram, bukannya instagram diisi dengan foto atau video. Tapi ini keren juga, akhirnya aku penasaran dan nyari tahu nama postingan seperti itu. Ketemulah di beranda google bahwa postingan seperti itu bernama Microblog.mikroblog
cara membuat microblog
Microblog adalah konten yang memuat informasi dalam bentuk tulisan yang pendek. Ini sama halnya dengan blog, namun bentuknya lebih kecil. Salah satu contoh yang sedang tren saat ini, banyak microblogger yang membuat konten microblognya di instagram dengan bentuk desainnya yang menarik.

Dengan memposting microblog di instagram kita bisa membangun personal branding, berjualan, atau berbagi tips dalam kehidupan seperti lifestyle. Ada manfaatnya juga lho yang bisa didapatkan dari membangun microblog salah satunya melatih bakat copywriting, storry telling, atau membuat desain.

Para microblogger biasanya menggunakan teknik typografi dalam pembutannya, yaitu seni dalam membuat tulisan dengan bentuk dan warna yang berbeda yang bertujuan untuk membuat para pembacanya nyaman dan memberikan kesan tertentu.

Konten Microblog bisa bermacam-macam ada yang membagikan tips dan trik, tutorial sampai ada juga yang memberikan motivasi-motivasi yang membuat hidup kita lebih bersemangat lagi.
cara membuat microblog
Sebenarnya mereka berdua mempunyai tujuan yang sama hanya saja dalam bentuk yang berbeda. Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa membayangkan perbedaan keduanya, karena antara microblog dan blog hanya kata micro saja yang berbeda. Perbedaan yang mendasar dari keduanya sebagai berikut. 

Dari Tampilannya

Yang pertama dari bentuk tampilan kalau blog konvensional memiliki desain sangat kompleks dan memang harus diperhatikan, dari mulai header, navigasi, sampai footer. Hal ini untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi blognya.

Sedangkan microblog tidak terlalu membutuhkan desain yang begitu kompleks, melainkan hanya desain untuk background dan jenis huruf yang sederhana namun enak dillihat.

Dari Tulisannya

Dari segi tulisan blog biasanya memuat tulisan panjang dan terperinci, bisa 500 kata atau lebih. Dan terkadang dibutuhkan riset kata kunci sebelum mulai menulis, agar tulisan yang sudah dibuat dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung lewat mesin pencarian.

Kalau untuk microblog tidak perlu membuat tulisan panjang, karena di microblog cukup menuliskan poin-poinnya saja yang penting pembaca bisa mengerti dan mendapat informasi serta gambaran dari tulisan microblog yang telah dibuat. 

Dari Tempatnya

Tempat disini maksudnya hosting, blog konvesional membutuhkan hosting sendiri sebagai tempat penyimpanan data baik yang berbayar maupun gratisan. Platform blog juga ada banyak jenisnya antara lain blogspot, wordpress, thumbler, watpad dan lain-lain. Blog juga harus berkompetisi agar bisa tampil dihalaman pertama google untuk mendapatkan pengunjung.

Untuk microblog tidak perlu hosting, karena bisa ditampilkan dimana saja salah satunya di media sosial seperti instagram dan ini gratis dan bisa diakses dengan mudah. Lebih bagus jika microblog bisa tampil di beranda explore instagram untuk menjangkau lebih banyak orang.

Penghasilan (Opsional)

Untuk penghasilan yang paling umum blog konvesional biasanya mendapatkan penghasilan dari google adsense, atau bisa juga dari situs penyedia iklan lainnya, dan tidak menutup kemungkinan bisa mempromosikan produk jualannya atau endorse.

Sedangkan untuk microblog karena biasanya konten kreator ini aktif dimedia sosial dan memungkinkan dapat penghasilannya dari endorse.

Untuk penghasilan ini sebenarnya bisa saja dari sumber yang lain juga karena pasar antara keduanya sangat luas.
cara membuat microblog
Membuat microblog di instagram sebenarnya mudah dilakukan, hanya tinggal mulai saja. Dengan modal smartphone, aku yakin kamu punya. Kalau ini konsisten dibuat selain membuat feed instagramu terlihat rapi, mungkin saja followersmu bertambah. Jadi hal apa saja yang harus dilakukan sebelum membuat microblog?

Menentukan Ide

Pertama yang mungkin merepotkan adalah menentukan ide, karena ide ini sangat mahal kadang sulit sekali jika kita tidak benar-benar memikirkannya. Saran yang paling sederhana, kita tidak perlu berpikir terlalu keras. 

Kita hanya perlu melihat sekitar dan diri sendiri, dan pilih satu yang kira-kira orang lain juga butuhkan. Contohnya seperti membagikan cara membuat nasi goreng, atau menuliskan opini terhadap sesuatu versi kita.

Buat Kerangka

Pembuatan kerangka bertujuan agar kita mudah menentukan apa saja yang akan ditulis di sebuah microblog. Kita bisa buat kerangka ini dikertas atau di notepad dan memulai pembuatan kerangkanya dari garis besar atau poin-poin yang akan ditulis.

Misal jika kita sebelumnya sudah menentukan ide membuat nasi goreng, kita bisa membuat kerangkanya seperti tahap satu persiapan, tahap dua eksesusi. Dari dua kerangka ini kita bisa mengembangkannya menjadi sebuah tulisan sedikit lebih panjang lagi sehingga mudah dimengerti.

Desain 

Desain ini tujuannya agar pembaca nyaman dengan tulisan kita dan mau membaca sampai selesai. Oleh karena itu buatlah tulisan dengan jenis dan ukuran font yang mudah dibaca dan bakcground yang kontras dengan warna tulisan.
cara membuat microblog
Dari kedua contoh gambar diatas kita bisa menentukan tulisan mana yang lebih nyaman dilihat dan enak ketika dibaca.

Kita bisa membuat desain dengan berbagai varian warna dan tulisan, tergantung selera dan mana yang enak menurut versi masing-masing.

Kemudian bagaimana cara membuat desainnya. Kita bisa menggunakan berbagai aplikasi desain grafis seperti adobe photoshop, adobe illustrator, atau untuk pengguna smartphone kita bisa gunakan snapseed, canva, phonto dan aplikasi lainnya yang bisa didownload lewat playstore atau appstore.

Mulai Upload

Setelah semua dipersiapkan, langkah terakhir yaitu tinggal kita upload ke insragram. Upload satu persatu dari gambar pertama sampai yang terakhir. Gunakan caption juga untuk pelengkapnya dan jangan lupa memakai hastag juga agar peluang jangkauannya lebih banyak.

Baca juga : Tips Mengamankan Smartphone Android dari Upaya Kejahatan
microblog
Manfaat yang didapat dari membuat microblog tentunya sangat banyak sekali bagi si pembuat dan si pembaca. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu manfaatnya yaitu kita bisa membagikan tutorial membuat nasi goreng. Ketika orang lain yang kebetulan mencari cara ini dan menemukan konten kita, pastilah dia senang dan mulai memasak dengan cara yang sudah kita berikan.

Begitu juga dari perspektif kita yang membuat, ketika ada yang membaca dan menerapkan apa yang kita berikan pasti kita merasa bangga dan bersemangat lagi membuat konten-konten lainnya. Apalagi kalau postingan kita mendapat banyak like dan followers, ujung-ujungnya endorsean pasti ngantri dong. hehehe

Selain itu, membuat microblog juga bisa untuk mempromosikan produk jualan kita dengan metode promosi yang berbeda, sehingga orang lain yang melihatnya akan lebih tertarik dan membeli produk jualannya.
cara membuat microblog
Siapapun bisa membuat microblog dan caranya bisa dipelajari dengan mudah, asalkan ada tekad yang kuat untuk memulainya. Dengan membuat microblog tidak mesti promosi produk jualan, tetapi kita bisa berbagi ilmu yang kita punya dan orang lain membutuhkan. Karena kehidupan yang bermanfaat itu adalah ketika kita bisa berbagi kebaikan dengan orang lain. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Microblog, Cara Unik Membuat Konten di Instagram"