Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengamankan Smartphone Android dari Upaya Kejahatan

Kejahatan cyber atau biasa disebut hacker bisa saja terjadi apabila kita lengah terhadap situasi. Salah satunya pencurian data melalui gawai yang sering kita pakai setiap hari.

Untuk itu, mengamankan smartphone android sangat penting untuk mencegah kejahatan yang berusaha mengintai. Bagaimana pun kita merasa aman terhadap kejahtan dunia cyber, sebenarnya belum sepenuhnya aman.

Karena banyak celah yang dapat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan sebagian atau seluruh data yang kita miliki. Sehingga bisa mengakibatkan kerugian secara materi atau non materi.

Celah-celah yang mungkin dimanfaatkan oleh oknum cyber atau hacker yaitu kelengahan pengguna ponsel karena ketidak tahuan dalam penggunaan smartphone. Seperti tidak sengaja mengakses situs phising, memberikan pin rekening, atau memberi data-data penting lainnya.

Baca juga : Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Mudah 2020

Tentu saja kita harus mencegah agar hal tersebut tidak terjadi dengan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melindungi android dari upaya kejahatan.

tips mengamankan android dari hacker

Tips Mengamankan Smartphone Android dari Upaya Kejahatan

Mungkin kita merasa aman dengan data yang disimpan di smartphone, tanpa disadari ternyata smartphone yang kita gunakan sehari-hari belum sepenuhnya aman. Sebaiknya lakukan pencegahan berikut ini untuk memaksimalkan keamanan ponsel android kita.

1. Jangan Sembarang Klik Tautan yang Tidak Terpercaya

Kita mungkin sering menjumpai link yang bertebaran dimedia sosial atau melalui pesan singkat yang mengharuskan untuk mengklik link tersebut. Jika kita tidak yakin akan link tersebut, sebaiknya urungkan niat untuk mengklik linknya.

Karena dikawatirkan link tersebut merupakan phising. Link pishing merupakan link penipuan untuk mengelabui target dengan tujuan mencuri data atau akun media sosial. 

Apabila sudah terlanjur klik, sebaiknya jangan memasukkan data apapun yang diminta seperti password, atau alamat email anda. 

2. Jangan Sembarang Memakai Wifi Gratis ditempat Umum

Wifi gratis memang sangat digemari semua orang, karena kita bisa mengakses internet tanpa mengeluarkan data yang kita miliki. 

Namun, apabila ditempat umum yang kita belum pernah mengunjungi sebelumnya dan terdapat jaringan wifi gratisan, sebaiknya gunakanlah data internet sendiri atau tidak menggunakan internet sama sekali.

Hal ini bisa saja dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menyediakan wifi gratis, untuk mencuri data-data penting kita.

3. Matikan Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Terkadang kita lupa mematikan bluetooth setelah berbagi file dengan kerabat, akibatnya bluetooth kita tetap aktif dalam waktu yang lama.

Penjahat cyber bisa saja masuk melalui bluetooth smartphone kita untuk mendapatkan data-data penting.

4. Pasang Aplikasi Hanya dari Toko Terpercaya

Smartphone Android memiliki store resmi untuk mendownload aplikasi yaitu playstore. Sebaiknya kita menghindari memasang aplikasi dari luar playstore, karena selain keamanannya yang tidak seketat playstore aplikasi dari pihak ketiga rentan dengan virus berbahaya.

Playstore sendiri memiliki sistem kemanan yang baik yang dinamakan play protect berfungsi untuk memindai aplikasi yang kemungkinan akan dihinggapi malware, sehingga aplikasi abal-abal tidak akan bisa masuk ke playstore.

5. Jangan Simpan Password di Browser

Kebiasaan menyimpan password di browser sering kali dilakukan dengan alasan agar tidak perlu memasukkan kembali ketika login. Hal ini juga sebaiknya dihindari untuk mencegah kejahatan yang dapat mencuri data melalui akun kita.

Ini dilakukan salah satunya untuk mencegah apabila ada orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan browser kita dan mengetahui password akunnya untuk digunakan tanpa sepengetahuan kita.

6. Gunakan Password yang Kuat pada Smartphone

Memakai password panjang dan rumit terkadang memang diperlukan untuk kemanan. Jangan risih dengan banyak password yang digunakan, ini lebih baik dari pada harus kehilangan data.

Kalau perlu setiap aplikasi yang dinilai sangat berharga untuk menyimpan data pribadi, hendaknya memakai password disetiap aplikasinya. Ada banyak di playstore aplikasi untuk mengunci aplikasi.

Dan jangan pernah menyimpan password smartphone pada folder atau media lain yang mudah diakses oleh orang lain. Serta jangan memakai password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nomor rumah atau yang lainnya, gunakan password yang sulit diketahui orang lain.

7. Pasang AntiVirus Berkualitas

Para penjahat cyber bisa mengakses data smartphone kita salah satunya dengan serangan malware. Untuk tindakan pencegahan, ada baiknya memasang antivirus yang berkualitas untuk menghambat malware yang akan masuk ke smartphone kita.

Kita bisa mengetahui antivirus berkualitas dengan melihat rating dan ulasan yang diberikan para pengguna sebelumnya. Apabila hasil dari rating dan ulasannya bagus, bisa disimpulkan bahwa aplikasi tersebut memang bagus.

8. Update System Secara Berkala

Mengupdate sistem smartphone juga tidak kalah pentingnya untuk melindungi serangan cyber. Dengan melakukan update secara berkala, secara otomatis akan memperkuat pertahanan sistem dan memperbaiki bug yang terdapat pada program smartphone kita.

Selain meningkatkan kemanan dan memperbaiki bug, mengupdate sistem juga bisa mengubah tampilan menjadi lebih menarik dari sebelumnya sehingga terlihat lebih segar dan seperti baru kembali.

9. Gunakan Fitur Find My Device 

Untuk berjaga-jaga apabila smartphone kita hilang, sebaiknya mulai gunakan fitur find my device ini untuk menemukan ponsel yang hilang. Fitur ini disediakan oleh google yang dapat kita gunakan secara gratisan.

Untuk mengaktifkan fitur ini kita harus mensinkronisasi antara smartphone dan perangkat lain seperti komputer atau tablet dengan memasukkan email google. Kemudian cari find my device di google melalui komputer dan lokasi smartphone akan diketahui.

Fitur ini bisa melacak keberadaan ponsel kita, bisa membunyikan ponsel selama lima menit walaupun dalam mode senyap, bisa juga mengunci smartphone sehingga tidak dapat dioperasikan sama sekali.

Penutup

Sebenarnya semua perangkat dibuat secara aman, namun dengan kecanggihan teknologi jaman sekarang banyak oknum yang memanfaatkan untuk melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab dengan mengelabui penggunanya. 

Walaupun perangkatnya aman, apabila penggunanya bisa dikelabui tetap saja sistemnya akan terbobol juga. Seperti kasus penipuan yang marak terjadi karena tergoda dengan kalimat menang undian, akhirnya korban memberikan kode OTP uang elektronik ke penipu.

Alih-alih menang undian, malah menyesal kemudian. Jangan sampai hal-hal demikian terjadi pada kita dan keluarga. 

Post a Comment for "Tips Mengamankan Smartphone Android dari Upaya Kejahatan"